Buku Paket TK-PAUD Kurikulum 2013 - BUKU TK dan PAUD.
Add caption |
Add caption |
Add caption |
(Sumber : Kemendiknas)
Untuk melengkapi bahan ajar di PAUD/KB/TK maka Kemendiknas memberikan prasayrat sebagai berikut karena tidak bisa setiap buku menjadi panduan untuk kurikulum anak usia dini:
1. Buku-buku panduan / acuan pembelajaran PAUD yang mengacu pada perkembangan anak.
2. Buku-buku bacaan / referensi yang terkait dengan pendidikan dan perkembangan anak usia dini.
3. Buku-buku cerita / dongeng anak yang memiliki tujuan untuk membentuk karakter anak sesuai kelompok usia sasaran.
4. Buku-buku yang terkait dengan kesehatan, gizi pendidikan, pengasuhan, perawatan dan perlindungan anak.
5. Buku-buku bacaan orang tua (Parenting) yang terkait dengan pengembangan anak usia dini.
6. Buku-buku yang memiliki kandungan untuk pengenalan dan penanaman nilai-nilai kearifan local dan wawasan nasional bagi anak.
7. Buku-buku yang terkait dengan pengembangan karakter anak seperti pembentukan budi pekerti, toleransi, kedisiplinan, percayadiri, kerjasama dan kemandirian.
8. Buku-buku yang terkait pengenalan nilai-nilai agama dan moral sesuai agama yang dianutnya.
9. Buku-buku / bahan ajar yang terkait dengan pengenalan keaksaraan anak (pra-membaca, pra-menulis dan pra-berhitung) yang bukan berupa lembar kerja (worksheet).
10. Buku-buku referensi pengelolaan lembaga pendidikan (PAUD)
11. Buku-buku lain yang mendukung penyelenggaraan PAUD yang baik dan benar.
Buku dan bahan ajar yang akan dibeli harus memenuhi criteria yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orangtua. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :
a. Kriteria Buku untuk Peserta Didik
1) 1. Material dan Kemasan Buku
Ø Menggunakan bahan yang aman bagi anak, misalnya tidak runcing dan tajam.
Ø Kertas tebal dan tidak licin sehingga memudahkan anak untuk membuka-buka halaman buku, misalnya yang terbuat dari karton kaku yang dilipat dengan halaman yang berwarna-warni atau menggunakan bahan kain atau vinil lembut.
2)
2. Isi Buku
Ø Tema menarik dan sesuai dengan usia serta perkembangan anak, yaitu :
a) Untuk anak usia bayi-2 tahun anak lebih tertarik dengan gambar dari suatu kegiatan dan pariwisata yang dikenal atau dekat dengan lingkungannya, misalnya mengenal suara dan bunyi binatang atau benda-benda gambar mengenakan baju tanpa kancing.
b) Untuk anak usia 3-6 tahun anak lebih tertarik dengan gambar yang mengandung informasi, tindakan dan terperinci, misalnya kemandirian dalam berpakaian, mengenal anggota tubuh, persahabatan, keluarga, mengenal huruf dan angka.
Ø Mengungkap hal-hal nyata yang berkaitan dengan pengalaman anak.
3)
3. Karakter / Tokoh Cerita
Ø Hindari buku yang mengungkapkan karakter/tokoh jahat dalam cerita yang mendorong anak-anak tertawa dan menikmati pesan dari tokoh utama yang tidak sesuai dengan batas-batas etika atau bebas hukuman/ aturan karena dapat membuat anak meniru perilaku tokoh tersebut.
Ø Pahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai terkait dengan isi buku/bahan ajar tersebut, seperti :
a) Anak dapat memperluas pengetahuannya tentang dunia.
b) Anak memiliki pemahaman diri yang lebih baik.
c) Anak dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya.
d) Anak dapat mengembangkan kemampuan berbahasanya terutama bahasa ibunya (bahasa Indonesia).
e) Anak belajar bagaimana mengendalikan emosinya.
f) Menghargai keindahan dan perbedaan yang ada (misalnya agama, budaya, dan ras).
g) Anak belajar membuat keputusan-keputusan misalnya dalam perselisihan pendapat.
4)
Il 4. Ilustrasi / Gambar
Ø Tidak mengandung unsure SARA.
Ø Mencakup banyak warna cerah dengan kualitas yang baik, berukuran cukup besar, tidak abstrak, tidak menyeramkan.
Ø Ilustrasi tidak ambigu bagi anak, misalnya terlihat jelas perbedaan ilustrasi tokoh wanita atau pria.
Ø Membuat banyak ilustrasi, minim tulisan dan disesuaikan dengan karakteristik anak. Misalnya untuk anak yang berusia kurang dari 2 tahun masih berupa buku bergambar dengan kata tunggal atau kalimat pendek yang sederhana.
Ø Gambar maupun tulisan merupakan cerminan dari hal-hal yang nyata dapat dilihat serta dipahami dari lingkungan sekitar anak. Seiring dengan pertambahan usia, secara bertahap nak akan bisa mengembangkan kemampuannya dalam merespon ilustrasi yang lebih kompleks, terperinci, dan bersifat tidak nyata (seperti peri).
b. Kriteria Buku untuk Tenaga Pendidik dan Orangtua
1) 1. Kemasan Buku
Ø Tidak terlalu tebal
Ø Ukuran tidak terlalu besar
2)
2 . Isi Buku
Tema buku sebaiknya merupakan tema yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan dan ketrampilan tenaga pendidik maupun orangtua dalam membantu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikut beberapa tema umum buku untuk tenaga pendidik dan orangtua.
Ø Pertumbuhan, perkembangan dan belajar pada anak usia dini.
Ø Stimulasi dan lingkungan pembelajaran anak usia dini.
Ø Kesehatan perlindungan atau kemampuan dan nutrisi untuk anak usia dini.
Ø Berkomunikasi dengan anak usia dini.
Buku Paud - Majalah PAUD TK PlayGroup. buku paud, buku tk,paud dan tk,buku pedidikan ,buku murah, paket buku paud, materi buku paud,penerbit buku,Buku Paud - Majalah PAUD TK PlayGroup. buku paud, buku tk,paud dan tk,buku pedidikan ,buku murah, paket buku paud, materi buku paud,penerbit buku
Untuk
pemesanan atau informasi silahkan hubungi alamat kontak kami :
CV.ASAKA
PRIMA | DUTA MEDIA GROUP.
PERCETAKAN
& DISTRIBUTOR ALAT LAB & PERAGA PENDIDIKAN.
Workshop
: Jl.Kebon Besar No.22 BatuCeper - Tangerang - Banten 15000.
Showroom
& Marketing : Jl.Maulana Hasanudin No.52 Cipondoh - Tangerang 15000
Telp.021-55701397
– 021 55702265 /
Hp:0813.8053.7399./
0877.7432.4146
PIN BB. 597572b0
Website:
http://www.asakaprima.net
Email
:asakaprima@gmail.com
yahoo
ID:dutamedia89
Untuk pemesanan atau informasi silahkan hubungi alamat kontak kami :