Buku Paud - Majalah PAUD TK PlayGroup. buku paud, buku tk,paud dan tk,buku pedidikan ,buku murah, paket buku paud, materi buku paud,penerbit buku,
(Sumber : Kemendiknas)
![]() |
Add caption |
![]() |
Add caption |
![]() |
Add caption |
Untuk
melengkapi bahan ajar di PAUD/KB/TK maka Kemendiknas memberikan
prasayrat sebagai berikut karena tidak bisa setiap buku menjadi panduan
untuk kurikulum anak usia dini:
1. Buku-buku panduan / acuan pembelajaran PAUD yang mengacu pada perkembangan anak.
2. Buku-buku bacaan / referensi yang terkait dengan pendidikan dan perkembangan anak usia dini.
3. Buku-buku cerita / dongeng anak yang memiliki tujuan untuk membentuk karakter anak sesuai kelompok usia sasaran.
4. Buku-buku yang terkait dengan kesehatan, gizi pendidikan, pengasuhan, perawatan dan perlindungan anak.
5. Buku-buku bacaan orang tua (Parenting) yang terkait dengan pengembangan anak usia dini.
6. Buku-buku yang memiliki kandungan untuk pengenalan dan penanaman nilai-nilai kearifan local dan wawasan nasional bagi anak.
7. Buku-buku
yang terkait dengan pengembangan karakter anak seperti pembentukan budi
pekerti, toleransi, kedisiplinan, percayadiri, kerjasama dan
kemandirian.
8. Buku-buku yang terkait pengenalan nilai-nilai agama dan moral sesuai agama yang dianutnya.
9. Buku-buku
/ bahan ajar yang terkait dengan pengenalan keaksaraan anak
(pra-membaca, pra-menulis dan pra-berhitung) yang bukan berupa lembar
kerja (worksheet).
10. Buku-buku referensi pengelolaan lembaga pendidikan (PAUD)
11. Buku-buku lain yang mendukung penyelenggaraan PAUD yang baik dan benar.
Buku
dan bahan ajar yang akan dibeli harus memenuhi criteria yang sesuai
dengan kebutuhan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan
orangtua. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :
a. Kriteria Buku untuk Peserta Didik
1) 1. Material dan Kemasan Buku
Ø Menggunakan bahan yang aman bagi anak, misalnya tidak runcing dan tajam.
Ø Kertas
tebal dan tidak licin sehingga memudahkan anak untuk membuka-buka
halaman buku, misalnya yang terbuat dari karton kaku yang dilipat dengan
halaman yang berwarna-warni atau menggunakan bahan kain atau vinil
lembut.
2)
2. Isi Buku
Ø Tema menarik dan sesuai dengan usia serta perkembangan anak, yaitu :
a) Untuk
anak usia bayi-2 tahun anak lebih tertarik dengan gambar dari suatu
kegiatan dan pariwisata yang dikenal atau dekat dengan lingkungannya,
misalnya mengenal suara dan bunyi binatang atau benda-benda gambar
mengenakan baju tanpa kancing.
b) Untuk
anak usia 3-6 tahun anak lebih tertarik dengan gambar yang mengandung
informasi, tindakan dan terperinci, misalnya kemandirian dalam
berpakaian, mengenal anggota tubuh, persahabatan, keluarga, mengenal
huruf dan angka.
Ø Mengungkap hal-hal nyata yang berkaitan dengan pengalaman anak.
3)
3. Karakter / Tokoh Cerita
Ø Hindari
buku yang mengungkapkan karakter/tokoh jahat dalam cerita yang
mendorong anak-anak tertawa dan menikmati pesan dari tokoh utama yang
tidak sesuai dengan batas-batas etika atau bebas hukuman/ aturan karena
dapat membuat anak meniru perilaku tokoh tersebut.
Ø Pahami tujuan pembelajaran yang ingin dicapai terkait dengan isi buku/bahan ajar tersebut, seperti :
a) Anak dapat memperluas pengetahuannya tentang dunia.
b) Anak memiliki pemahaman diri yang lebih baik.
c) Anak dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya.
d) Anak dapat mengembangkan kemampuan berbahasanya terutama bahasa ibunya (bahasa Indonesia).
e) Anak belajar bagaimana mengendalikan emosinya.
f) Menghargai keindahan dan perbedaan yang ada (misalnya agama, budaya, dan ras).
g) Anak belajar membuat keputusan-keputusan misalnya dalam perselisihan pendapat.
BUKU TK TAHUN 2017/2018
Il 4. Ilustrasi / Gambar
Ø Tidak mengandung unsur SARA.
Ø Mencakup banyak warna cerah dengan kualitas yang baik, berukuran cukup besar, tidak abstrak, tidak menyeramkan.
Ø Ilustrasi tidak ambigu bagi anak, misalnya terlihat jelas perbedaan ilustrasi tokoh wanita atau pria.
Ø Membuat
banyak ilustrasi, minim tulisan dan disesuaikan dengan karakteristik
anak. Misalnya untuk anak yang berusia kurang dari 2 tahun masih berupa
buku bergambar dengan kata tunggal atau kalimat pendek yang sederhana.
Ø Gambar
maupun tulisan merupakan cerminan dari hal-hal yang nyata dapat dilihat
serta dipahami dari lingkungan sekitar anak. Seiring dengan pertambahan
usia, secara bertahap nak akan bisa mengembangkan kemampuannya dalam
merespon ilustrasi yang lebih kompleks, terperinci, dan bersifat tidak
nyata (seperti peri).
b. Kriteria Buku untuk Tenaga Pendidik dan Orangtua
1) 1. Kemasan Buku
Ø Tidak terlalu tebal
Ø Ukuran tidak terlalu besar
2)
2 . Isi Buku
Tema
buku sebaiknya merupakan tema yang dibutuhkan untuk mengembangkan
kemampuan dan ketrampilan tenaga pendidik maupun orangtua dalam membantu
mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Berikut beberapa tema
umum buku untuk tenaga pendidik dan orangtua.
Ø Pertumbuhan, perkembangan dan belajar pada anak usia dini.
Ø Stimulasi dan lingkungan pembelajaran anak usia dini.
Ø Kesehatan perlindungan atau kemampuan dan nutrisi untuk anak usia dini.
Ø Berkomunikasi dengan anak usia dini.
DAN SEMUA ITU ADA SEBAGIAN BESAR PADA BUKU ASAKA PRIMA.
Buku Paud - Majalah PAUD TK PlayGroup. buku paud, buku tk,paud dan tk,buku pedidikan ,buku murah, paket buku paud, materi buku paud,penerbit buku,
Untuk
pemesanan atau informasi silahkan hubungi alamat kontak kami :
CV.ASAKA
PRIMA | DUTA MEDIA GROUP.
PERCETAKAN
& DISTRIBUTOR ALAT LAB & PERAGA PENDIDIKAN.
Workshop
: Jl.Kebon Besar No.22 BatuCeper - Tangerang - Banten 15000.
Showroom
& Marketing : Jl.Maulana Hasanudin No.52 Cipondoh - Tangerang 15000
Telp.021-55701397
– 021 55702265 /
Hp:0813.8053.7399./
0877.7432.4146
PIN BB. 597572b0
Website:
http://www.asakaprima.net
Email
:asakaprima@gmail.com
yahoo
ID:dutamedia89